Taufan Pawe Ajak POI Sulselbar Edukasi Warga Tentang Bahaya Kanker
Komentar

Taufan Pawe Ajak POI Sulselbar Edukasi Warga Tentang Bahaya Kanker

Komentar

Terkini.id, Parepare – Wali Kota Parepare Taufan Pawe menghadiri pembukaan simposium kesehatan/penyuluhan kesehatan berbagai macam penyakit kanker dan pelayanan deteksi dini kanker yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) Cabang Sulawesi Selatan-Barat dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Sabtu 18 Februari 2023.

Dengan mengangkat tema ‘Bersama Kita Melawan Kanker’, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua PKK Parepare, para asisten, staf ahli, para kepala SKPD, Dirut RSUD Andi Makkasau Parepare, Plt Dirut RS Hasri Ainun Habibie Parepare, lurah dan camat se Kota Parepare.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe mengatakan bahwa kesehatan adalah kebutuhan yang mendasar. Pemerintah Kota Parepare mempunya visi misi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, memberantas kemiskinan.

Kanker, kata dia adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Hampir 90% orang yang terkena penyakit kanker sangat sulit untuk diobati apalagi sudah stadium 2 ke atas. Untuk mencegah penyakit kanker ini kita harus ekstra hati-hati dalam segala hal, mulai dari gaya hidup, pola makan, dan lingkungan sekitar.

“Peringatan Hari Kanker Sedunia bukan sekedar peringatan biasa. Hari Kanker Sedunia penting guna mencegah lebih banyak kematian akibat kanker setiap tahun dengan mendorong pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk mengambil tindakan nyata terhadap penyakit tersebut,” ucap Taufan.

Baca Juga

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini mengungkapkan bahwa penanganan kanker di tengah-tengah masyarakat harus dilakukan dengan lebih efektif, termasuk bila menimpa warga yang tergolong miskin, hidup di bawah standar, tidak dapat dukungan sosial yang baik. Oleh karena itu, dirinya sangat mengapresiasi yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Onkologi Indonesia yang melaksanakan simposium kesehatan atau penyuluhan kesehatan berbagai macam kanker dan pelayanan deteksi dini kanker.

“Dengan symposium dan penyuluhan kesehatan ini agar kita dapat mencegah dan mengenal penyakit kanker. Kata bijak terkait dengan kesehatan tubuh yang selalu didengung – dengungkan sejak dahulu dan masih relevan hingga sekarang bahwa, “mencegah lebih baik daripada mengobati”,” ungkapnya.

“Untuk itu saya mengharapkan kepada peserta simposium untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat diperoleh hasil yang lebih baik dalam mengenal, mendeteksi dan mencegah penyakit kanker,” paparnya.

Wali Kota Parepare dua periode ini menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Parepare dalam visi dan misinya mendukung kegiatan symposium kesehatan dimana misi pembangunan Kota Parepare adalah mengembangkan infrastruktur daerah dalam mendukung industri jasa di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan kepariwisataan serta mengoptimalkan pemenuhan hak dasar dan peningkatan pelayanan dasar bagi masyarakat menuju pelayanan prima dan profesional serta berkeadilan, dengan program peningkatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan symposium ini merupakan kegiatan taraf provinsi Sulawesi Selatan dan Barat sebagai bukti teori telapak kaki di Kota Parepare telah terwujud, saya berpendapat dipilihnya kota parepare bukan tanpa alasan,” tandasnya.