PT Meratus Group Resmi Beroperasi di Parepare
Komentar

PT Meratus Group Resmi Beroperasi di Parepare

Komentar

Terkini.id, Parepare – Perusahaan pelayaran kontainer papan atas nasional PT Meratus Group, mulai beroperasi di Kota Parepare.

Itu ditandai dengan kedatangan perdana kapal kargo KM Reliance yang bersandar di Pelabuhan Cappa Ujung Parepare, Sabtu 6 April 2024. Dan memulai aktivitas bongkar muat barang perdana di Pelindo Multi Terminal Parepare.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali bersama Sekda Parepare Muh Husni Syam, Kepala Dinas Perhubungan Parepare Fitriany, jajaran Pemerintah Kota Parepare, serta GM Pelindo Cabang Parepare Sardi, KSOP dan stakeholder kepelabuhanan menyambut langsung kedatangan kapal kargo tersebut.

Kapal kargo KM Reliance ini akan melakukan aktivitas bongkar muat dengan rute Surabaya dan Palu ke Parepare.

Aktivitas bongkar muat perdana ini sebanyak 45 kontainer ukuran 20 feet. Kontainer akan ditampung di gudang milik Pelindo dan Pemkot Parepare.

Baca Juga

Pj Wali Kota Akbar Ali bersyukur kapal kargo yang memuat peti kemas dari PT Meratus tiba di Pelabuhan Cappa Ujung. Dia menyebut kedatangan PT Meratus bisa memudahkan pengiriman logistik ke luar daerah.

“Hari ini dengan menggunakan KM Reliance, puluhan peti kemas akan diturunkan di Pelabuhan Cappa Ujung,” kata Akbar Ali.

Akbar Ali mengemukakan, beroperasinya perusahaan kargo ini akan memudahkan pendistribusian barang dari dalam maupun luar Parepare untuk diantarpulaukan. Selain itu, biaya pengiriman logistik melalui Parepare semakin hemat.

“Saya berharap masyarakat untuk bisa memanfaatkan kehadiran Meratus dalam mendistribusikan produk dan hasil bumi untuk diperdagangkan ke Pulau Kalimantan dan Jawa,” harap Akbar Ali.

Harapan sama diungkap GM Pelindo Parepare, Sardi bahwa masuknya PT Meratus Line bisa dimanfaatkan para pengusaha di Parepare dan sekitarnya. Angkutan peti kemas ini akan melalui rute Surabaya ke Parepare, lanjut ke Palu dan kembali ke Surabaya begitu seterusnya. ”Rute ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya,” ajak Sardi.