6 Tips Belanja Gadget Aman, Pakai Promo Gajian Blibli Biar Lebih Murah!
Komentar

6 Tips Belanja Gadget Aman, Pakai Promo Gajian Blibli Biar Lebih Murah!

Komentar

Terkini.id, – Di era digital seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih untuk belanja online, termasuk saat belanja gadget. Hal ini terlihat dari Laporan We Are Social bersama Meltwater yang memperlihatkan bahwa kategori produk paling besar nominal belanja online di Indonesia yakni barang elektronik dengan nilai mencapai 13,37 miliar dolar AS sepanjang 2022.

Bukan hanya karena praktis namun harga yang ditawarkan seringkali lebih murah dibandingkan dengan jika Anda berbelanja langsung secara offline. Namun, saat Anda belanja gadget secara online, Anda perlu mengetahui apa saja tips belanja gadget aman. Pasalnya, belanja secara online tinggi kemungkinan adanya isu keamanan dan juga kepercayaan.

6 Tips Belanja Gadget Aman, Pakai Promo Gajian Blibli Biar Lebih Murah!

Untuk menghindari penipuan saat belanja gadget secara online, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Adapun ragam tips belanja gadget secara online agar tetap aman yakni sebagai berikut:

1. Kenali Reputasi Toko atau Seller

Anda perlu mengenali reputasi toko maupun seller sebelum memutuskan untuk membeli gadget secara online. Hal ini penting dilakukan sebagai bahan pertimbangan utama dalam menilai seberapa berkualitas dan terpercaya produk yang dijual oleh toko online tersebut.  Semakin tinggi reputasi baik yang dimiliki toko online maupun seller, maka semakin terpercaya produk yang dijualnya.

Jika Anda berbelanja di marketplace, perhatikan badge ataupun rating yang didapatkan toko online tersebut. Agar lebih aman, pilih toko online yang menjadi official store agar terjamin keaslian barang dan kualitasnya.

2. Cek Ulasan Produk

Setelah Anda memastikan jika toko online atau seller tersebut terpercaya, jangan lupa untuk mengecek ulasan produk yang ingin dibeli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dahulu. Cek secara teliti foto yang disematkan, jumlah bintang yang diberikan, maupun komentarnya agar membuat Anda yakin terhadap gadget yang ingin dibeli.

3. Lakukan Cek Deskripsi Barang dengan Teliti

Ketika belanja online, Anda jangan hanya fokus pada tipe maupun produk gadget yang ingin dibeli. Anda juga perlu mengecek kolom deskripsi produk karena akan memuat sejumlah informasi penting terkait produk gadget yang akan dibeli.

Pastikan Anda mengeceknya secara teliti, mulai dari kondisi, jumlah barang, hingga warna. Hal ini berguna agar Anda tidak mendapatkan produk yang berbeda dari keterangan produk yang disertakan.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Semua orang pasti menginginkan harga barang yang murah namun jangan sampai hal ini dapat membuat Anda terjebak. Misalnya, cobalah untuk membandingkan produk yang ingin dibeli dengan beberapa toko sekaligus. Jika harganya tidak masuk akal, Anda perlu mencurigainya karena harga yang terlalu murah seringkali hanya jebakan atau barang yang dijual adalah palsu.

5. Cek Proteksi atau Asuransi Barang

Tips belanja gadget aman yakni dengan mengecek apakah ada proteksi atau asuransi barang bagi pembeli. Jika ada, Anda harus tanyakan proteksi apa yang akan didapatkan. Pasalnya, tiap e-commerce memiliki tipe proteksi yang beragam, apalagi untuk gadget dan barang elektronik.

6. Cek Kebijakan Pengembalian Barang

Anda juga perlu mengecek terkait kebijakan pengembalian barang, apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, apabila terjadi masalah dengan gadget yang dibeli, Anda bisa dengan mudah melakukan klaim.

Itulah 6 tips belanja gadget aman yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko keamanan yang tentunya merugikan Anda. Jika Anda ingin belanja dengan aman dan mendapatkan produk yang terjamin keasliannya, belanja saja di Blibli.

Ada promo gajian tanpa tipu-tipu mulai dari 25 – 28 Januari 2024 untuk belanja yang lebih hemat. Rasakan pengalaman belanja yang lebih untung di Blibli dengan mendapatkan cashback hingga Rp1 juta, gratis ongkir, cashback 50%, midnight voucher, flash sale serba 50rb, dan diskon hingga 80% untuk semua produk.