Wujudkan Kota Hijau, FKH Kota Parepare Terus Dukung Pemkot
Komentar

Wujudkan Kota Hijau, FKH Kota Parepare Terus Dukung Pemkot

Komentar

Terkini.id, Parepare – Pengurus Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Parepare Tahun 2023 resmi menerima Surat Keputusan (SK) dari Wali Kota Parepare.

Penyerahan SK dilakukan secara simbolis oleh Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah dan Ekonomi Bappeda Parepare, Kadek Sroningsih, mewakili Kepala Bappeda di Ruang Rapat Bappeda Parepare, Rabu 14 Juni 2023.

Usai penyerahan SK, Kadek mengapresiasi FKH yang secara konsisten membantu Pemkot Parepare dalam upaya mewujudkan Kota Hijau.

“Diharapkan kolaborasi dan sinergitas ini terus terjalin dengan baik, FKH hadir membantu Pemerintah Kota mewujudkan Kota Hijau dengan program-program nyatanya,” harap Kadek.

Ketua FKH Parepare, H Bakhtiar Syarifuddin (HBS) merespons bahwa di dalam keanggotaan FKH tergabung berbagai kalangan yang menyatu karena kepedulian dan kecintaannya kepada lingkungan hidup.

Baca Juga

“FKH pun menyatakan siap bertugas membantu Pemerintah Kota Parepare untuk mewujudkan Kota Hijau dengan mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah,” kata Bakhtiar.

Bakhtiar mengemukakan, dalam menjalankan tugas-tugasnya, FKH siap melanjutkan program program pemanfaatan sumber daya perkotaan (alami dan terbangun) secara seimbang dalam rangka keberlanjutan kualitas dan daya dukung ekologi

FKH siap melanjutkan secara konsisten program dan kegiatan 8 Atribut kota Hijau. FKH juga akan memberikan saran dan pertimbangkan kepada Pemkot Parepare dalam rangka meningkatkan peran aktif masyarakat dalam perwujudan Kota Hijau.

FKH juga siap melanjutkan edukasi dan advokasi kepada masyarakat dalam ketaatan dan kepatuhan terhadap regulasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. “Serta tugas-tugas lainnya yang secara umum diberikan oleh Bapak Wali Kota kepada FKH,” ujar Bakhtiar.

Bakhtiar mengungkapkan, salah satu wujud dukungan FKH kepada Pemkot Parepare adalah kembali diraihnya Piala Adipura pada 2022. Dan saat ini FKH tengah melakukan pembinaan kepada UPTD SMPN 1 Parepare untuk dipersiapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional. “Tahun lalu kita sukses loloskan SMKN 2 satu-satunya sekolah di Parepare menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional,” ungkap mantan Waketum KONI Parepare ini.

Program ke depan, kata Bakhtiar, FKH sudah merancang berbagai kegiatan yang mendukung Kota Hijau, di antaranya Festival Hijau, aksi menanam pohon, dan kegiatan kepedulian kepada lingkungan lainnya.