Kolaborasi Beberapa Kebun Raya Se-Sulsel, Pemkot Parepare Gelar Bimtek Perkebunrayaan
Komentar

Kolaborasi Beberapa Kebun Raya Se-Sulsel, Pemkot Parepare Gelar Bimtek Perkebunrayaan

Komentar

Terkini.id, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Bimbingan Teknis Perkebunrayaan Sulawesi Selatan di Kebun Raya Jompie, Parepare. Selasa 13 Juni 2023.

Kegiatan itu diikuti oleh jajaran Kebun Raya Pucak Kabupaten Maros dan Kebun Raya Massenrempulu Kabupaten Enrekang.

Kepala UPT Kebun Raya Jompie Parepare, Sry Meiriyani mengatakan bahwa kegiatan itu untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada pengelola kebun raya dalam mengelola keragaman hayati.

“Sehingga kami berkolaborasi tiga kebun raya yang difasilitasi oleh Manajemen Kebun Raya Bogor,” ucap Sry.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Jenamar Aslam mengatakan bahwa Bimtek yang dilakukan dalam rangka peningkatan Sumber Data Manusia (SDM) dalam rangka pengelolaan kebun raya.

Baca Juga

Jenamar mengungkapkan bahwa dalam Bimtek tersebut pengelola kebun raya akan dibekali pengetahuan manajemen pemeliharaan, manajemen pembibitan, hingga data base tentang jenis jenis tanaman yang dieksplorasi.

“Bimtek ini difasilitasi oleh Badan Riset Inovasi yang mendampingi kami melakukan pendidikan dan penelitian ini,” ungkap Jenamar.

“Kita ketahui bahwa fungsi kebun raya itu adalah sebagai konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan sehingga dibutuhkan penguatan dalam rangka kegiatan konservasi untuk memasukkan semua jenis jenis tanaman di wilayah Sulawesi dan Maluku yang kemudian dimasukkan dalam Kebun Raya Jompie ini sebagai eksitu untuk perlindungan jenis tanaman tersebut,” jelasnya.