Taufan Pawe Lepas Gerak Jalan Malam di Parepare
Komentar

Taufan Pawe Lepas Gerak Jalan Malam di Parepare

Komentar

Terkini.id, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) membuat terobosan dengan menggelar gerak jalan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada malam hari. Gerak jalan berlangsung semarak dengan antusiasme peserta dari sejumlah SD di Parepare. Gerak jalan ini sekaligus mengobati kerinduan setelah selama dua tahun tidak ada kegiatan serupa imbas pandemi Covid-19.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang melepas resmi peserta gerak jalan di Km 0 Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Senin malam, 22 Agustus 2022.

Wali Kota turut didampingi Forkopimda, tampak hadir Wakil Ketua DPRD Parepare, H Tasming Hamid, Wakapolres Parepare, Kompol Sugeng Suprijanto, Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad, Staf Ahli M Anwar Amir, Asisten III Eko W Ariyadi, Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka, dan jajaran pejabat Pemkot Parepare lainnya.

“Malam ini adalah momen yang sangat kita rindukan. Kurang lebih dua tahun kita tidak adakan acara ini karena pandemi yang masih bergejolak,” kata Taufan Pawe (TP).

Pada kesempatan itu, Taufan Pawe menyampaikan terima kasih kepada semua orang tua siswa yang telah memberikan suri teladan kepada putra-putrinya, untuk mensukseskan gerak jalan HUT Kemerdekaan ini. “Kita menyaksikan acara gerak jalan proklamasi pada malam hari ini, tentu sukses karena dukungan dari orang tua siswa-siswi,” ujar TP.

Baca Juga

Wali Kota Parepare dua periode ini berpesan jangan lihat kegiatan ini dari sisi seremonial saja, tapi bagaimana menyampaikan bahwa sesungguhnya orang tua siswa-siswi itu telah menanamkan jiwa nasionalisme dan jiwa patriotisme kepada anak-anaknya, dan bisa merasakan gerak jalan pada malam hari.

Taufan Pawe mengemukakan, pelaksanaan gerak jalan malam hari ini agar para peserta bisa merasakan nyaman, karena di Parepare tidak ada lagi ruas jalan yang tidak terang benderang.

“Kita tidak melaksanakan lagi pada pagi, siang dan sore hari, tapi kita laksanakan malam hari dengan enjoy dengan penuh rasa suka cita karena kemampuan kita menjadikan Kota BJ Habibie ini menjadi kota yang nyaman untuk dinikmati,” tegas Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Sementara Ketua Panitia Gerak Jalan HUT Kemerdekaan, Andi Bau Rahma mengungkapkan, ada 145 regu barisan SD, SMP, dan SMA sederajat yang mengikuti lomba gerak jalan ini.

“Diikuti oleh siswa-siswi dari tingkatan Sekolah Dasar dan sederajat berjumlah 98 regu, Sekolah Menengah Pertama dan sederajat berjumlah 28 regu, serta siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat 19 regu,” ungkap Andi Bau Rahma.

Tingginya animo sekolah mengikuti gerak jalan ini, sehingga pelaksanaan digelar sampai tiga malam, 22-24 Agustus 2022. Gerak jalan untuk SD sederajat pada Senin dan Selasa malam, 22 dan 23 Agustus 2022, serta gerak jalan SMP dan SMA sederajat pada Rabu malam, 23 Agustus 2022. Start gerak jalan semuanya dimulai pukul 19.00.

Selama pelaksanaan gerak jalan berlangsung, ada sembilan titik pengalihan arus lalu lintas di Parepare. Sembilan titik yang dilalui peserta gerak jalan itu adalah Jalan Bau Massepe, tepat di depan Lapangan Andi Makkasau, Jalan Andi Isa, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Dg Patompo, Jalan Lasinrang, Jalan Andi Mappatola, Jalan Andi Sulolipu, Jalan Veteran, dan Jalan Karaeng Burane.

Andi Bau Rahma yang juga Sekretaris Disporapar Parepare menambahkan, selain gerak jalan, juga ada lomba rangkaian HUT Kemerdekaan lainnya, seperti lomba balap kelereng yang diikuti oleh 22 orang anak usia maksimal 13 tahun mewakili 22 Kelurahan. Kemudian lomba balap karung yang diwakili oleh 22 orang remaja maksimal 18 tahun juga mewakili 22 Kelurahan.

“Dan tarik tambang yang diikuti oleh masing-masing tujuh orang perwakilan dari masyarakat ataupun warga di 22 Kelurahan. Serta tarik tambang yang diikuti oleh ASN dari empat kecamatan di Parepare,” tandas Andi Bau Rahma.