Komisi II DPRD Pangkep Berguru Pengelolaan PAD di Parepare
Komentar

Komisi II DPRD Pangkep Berguru Pengelolaan PAD di Parepare

Komentar

Terkini.id, Parepare – Kantor Badan Keuangan (BKD) Pemerintah Kota Parepare, menerima kunjungan kerja Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangkep.

Hal itu diungkapkan Sekeratris BKD Parepare, Agussalim.  Kegiatan itu juga dihadiri sejumlah pejabat BKD termasuk Kepala Bidang Pendapatan, Yusuf Azis. Senin 22 Agustus 2022

“Ya kunjungan kerja dari Komisi II Pangkep terkait bagaimana kiat-kiat dan inovasi BKD Parepare dalam meningkatkan pendapatan asli daerah,” ucap Agussalim. 

Agussalim menjelaskan, pihaknya menyampaikan beberapa hal kepada rombongan Komisi II Pangkep tersebut bagaimana strateginya dalam meningkatkan PAD.

“Ada 3 hal atau jenis bagaimana PAD kami meningkat. Salah satunya dalam hal pajak. Yakni restoran, warung, hiburan dan hotel. Kita lakukan pemantauan setiap hari oleh petugas pajak secara online untuk mengetahui transaksi dan jumlah pengunjung,” jelasnya. 

Baca Juga

Termasuk, kata dia, ketaatan wajib pajak untuk menginput setiap transaksinya pada alat yang telah di sediakan di tempat usahanya.

“Jadi kami optimalkn monitoring dan pengawasan kepada wajib pajak. Kita lengkapi anggota kami dengan surat tugas untun melakukan monitoring,” bebernya.

Sementara untuk pajak pada penyelenggaraan Liga I pihaknya, kata Agussalim penerimaannya berupa pajak hiburan rata-rata Rp.150.000.000 Juta.

“Itu di transfer langsung ke Kas daerah dengan tarif 10% dari hasil penjualan kiostik,” ungkap Agussalim.