Berangkat Melalui Kloter I Embarkasi Hasanuddin Makassar, Taufan Pawe Lepas JCH Parepare di Asrama Haji

Terkini.id, Makassar – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) memimpin penyerahan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Parepare untuk bergabung ke JCH Kloter Pertama Embarkasi Makassar, di Asrama Haji, Kota Makassar, Kamis, 16 Juni 2022.

393 JCH ini terdiri dari 209 orang asal Kota Makassar, Kota Parepare 61 orang, dan Soppeng 119 orang. Rencananya, mereka akan diberangkatkan besok, Jumat 17 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe berpesan, modal utama seorang jemaah calon haji adalah manasik haji. Jika manasik haji sudah baik, maka seseorang tersebut sudah bisa membedakan mana rukun haji dan wajib haji.

Baca Juga: Jelang Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024, Pangerang Rahim Minta Dinas Terkait...

“Yang namanya rukun haji kalo tertanggal maka tidak sempurna hajinya. Tetapi kalau wajib haji yang dia tidak penuhi ada jalan keluarnya yaitu bayar dam atau fidyah (denda). Ini contohnya,” katanya.

Ketua Golkar Sulsel ini berharap, Jemaah Calon Haji asal Kota Parepare harus tampil menjadi duta atau wajah terdepan Kota Parepare. Selanjutnya jika sudah masuk kloter maka mereka tampil sebagai duta Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Ini Pesan Taufan Pawe Pada Saat Lepas Kafilah Kota Parepare...

“Kita berharap kloter pertama ini bisa menjadi contoh suri teladan yang baik bagi calon jemaah haji selanjutnya,” katanya.

“Semoga menjadi haji yang mabrur dan bermaslahat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan agama,” tambahnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Khaeroni mengatakan, 393 JCH ini telah dinyatakan bebas Covid-19. Dibuktikan dengan keterangan hasil swab PCR yang dilakukan di daerah masing-masing.

Baca Juga: Ini Pesan Taufan Pawe Pada Saat Lepas Kafilah Kota Parepare...

“Kloter pertama embarkasi Makassar ini akan diberangkatkan pada 17 Juni 2022 Pukul 00.30 WITA dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ke Madinah dengan pesawat Garuda Indonesia GA 1101,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel ini berharap, seluruh JCH kloter pertama senantiasa untuk menjaga kesehatan. Sehingga dapat melaksanakan seluruh rukun haji dengan baik untuk meraih predikat haji mabrur dan kembali ke tanah air dalam jumlah yang utuh.

“Secara resmi saya nyatakan bapak ibu JCH asal Kota Makassar, Parepare, dan Soppeng saya terima. Semoga senantiasa diberi kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik untuk meraih haji mabrur dan pulang ke tanah air dengan utuh,” pungkasnya.

Bagikan