Dinkes Kolaborasi PKK Parepare Ingatkan Pentingnya Imunisasi Anak Pada Momentum BIAN 2022

Terkini.id, Parepare – Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Parepare akan melaksanakan kegiatan Imunisasi bagi Anak 

Kegiatan itu merupakan program pemerintah pusat, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Penanggung jawab Promosi Kesehatan dan pemberdayaan Masyarakat Dinkes Pemkot Parepare, Kasman Makkasau. Selasa 17 Mei 2022.

Baca Juga: Jelang Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024, Pangerang Rahim Minta Dinas Terkait...

“Imunisasi bagi anak itu penting agar semua anak di Indonesia mendapatkan imunisasi dasar lengkap,” ucap dia.

Kasman menjelaskan, Pemerintah akan menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dalam 2 tahap. Tahap I pada bulan Mei 2022 untuk wilayah Sulawesi, termasuk di Kota Parepare

Baca Juga: Ini Pesan Taufan Pawe Pada Saat Lepas Kafilah Kota Parepare...

Kasman mengatakan, sasaran imunisasi yaitu anak usia 9 bulan hingga 59 bulan atau balita. Sementara imunisasi kejar anak usia di atas 5 tahun sampai 15 tahun di lakukan di sekolah-sekolah.

Kasman menegaskan, vaksin imunisasi itu disetujui WHO sehingga aman dan terbukti secara ilmiah efektif mencegah penyakit.

“Mencegah penyakit campak, rubella, polio, difteri, Pertusis (batuk rejan), Hepatitis B, Pneumonia (radang paru), dan Meningitis (radang selaput otak). Tanpa adanya semua vaksin ini anak-anak bisa terkena penyakit-penyakit berbahaya tersebut dan dapat berakibat kematian,” paparnya.

Baca Juga: Ini Pesan Taufan Pawe Pada Saat Lepas Kafilah Kota Parepare...

Anak-anak yang di imuniasi, kata dia, bukan hanya sehat, tetapi dapat berprestasi lebih baik di sekolah dan masa yang akan datang.

“Segera periksa buku KIA (Kesehatan Ibu Anak) anda, dan pastikan jadwal imunisasi anak tepat waktu. Ayo ke Puskesmas dan Posyandu terdekat untuk mendapatkan imunisasi lengkap bagi anak-anak kita,” imbau Kasman.

Bagikan