Taufan Pawe Imbau Dinas PKP Koordinasi Karantina Pertanian dan Kementan Antisipasi Wabah PMK
Komentar

Taufan Pawe Imbau Dinas PKP Koordinasi Karantina Pertanian dan Kementan Antisipasi Wabah PMK

Komentar

Terkini.id, Parepare – Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menginstruksikan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Parepare, agar berkoordinasi dengan Karantina Pertanian Parepare dan Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk menyiapkan upaya antisipasi agar wabah PMK pada hewan ternak tidak masuk wilayah Parepare.

PMK adalah Penyakit Mulut dan Kuku yang menjangkiti hewan ternak terutama sapi di sejumlah daerah di Indonesia.

“Segera lakukan antisipasi agar Kota Parepare bebas dari PMK,” pinta Taufan Pawe, Sabtu 14 Mei 2022.

“Bisa diupayakan berupa pengobatan, isolasi, dan biosecurity yang meliputi pembersihan kering dan penyemprotan disinfektan. Jangan lupa peternak pun harus menjaga kebersihan dengan mandi sebelum berinteraksi dengan hewan ternak,” pesan Taufan Pawe.

Kementerian Pertanian sudah mengeluarkan Surat Keputusan pada 9 Mei 2022 yang menyatakan dua Provinsi, yakni Aceh dan Jawa Timur, sebagai daerah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Baca Juga

Di Parepare, Karantina Pertanian melakukan disinfeksi 30 sapi tujuan Kalimantan untuk mengantisipasi penyakit dimaksud.

Ciri-ciri hewan ternak yang terkena PMK, di antaranya demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta ada luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah ternak.

Ciri selanjutnya, hewan ternak kemudian tidak mau makan, kukunya juga luka, sehingga sulit untuk berdiri, gemetaran, dan napasnya cepat.