DLH Kota Parepare Intens Sasar Lokasi Pembersihan Saluran Air Kurangi Genangan
Komentar

DLH Kota Parepare Intens Sasar Lokasi Pembersihan Saluran Air Kurangi Genangan

Komentar

Terkini.id, Parepare – Tim Kebersihan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, intens melakukan pembersihan dibeberapaa titik.

Memasuki musim hujan saat ini, pembersihan dilakukan dengan melakukan pengerukan drainase yang tersumbat seperti di Jalan Andi Makkasau Timur, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Kamis 20 Januari 2022.

Pasukan biru bukan hanya memadamkan api, namun pasukan biru ini juga dikerahkan untuk membantu masyarakat dalam pembersihan drainase yang tersumbat.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Parepare, Abdul Waris Muhiddin, Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Parepare, Syafruddin Sjam, Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur memimpin langsung kegiatan pembersihan kota, dengan melakukan pengerukan dan pembersihan drainase.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Parepare, Syafruddin Sjam mengatakan, kegiatan ini dilakukan, atas instruksi dari Walikota Parepare, Taufan Pawe.

Baca Juga

“Kegiatan hari ini atas instruksi dari Bapak Walikota Parepare (Taufan Pawe), turun melakukan pengerukan dan pembersihan pada saluran drainase agar tidak tersumbat sehingga air dapat mengalir,” jelasnya

Dia mengatakan, kegiatan itu bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengangkut sampah yang dikeruk dari drainase. 

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur mengimbau warga turut menjaga kebersihan saluran air dilingkungan tinggal masing masing agar tidak menyebabkan drainase tersumbat. 

“Kami imbau ke warga, agar dapat melakukan gotong royong membersihkan secara berkala saluran drainase untuk mengantisipasi tumpukan sampah yang dapat mengakibatkan drainase tersumbat,” tambahnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Budi Rusdi menambahkan, sebanyak tiga armada diturunkan mengangkut sampah. “Tiga armada ditambah puluhan petugas kebersihan,” tambahnya

Budi mengatakan, pembersihan juga kerap dilakukan dibeberapa fasilitas publik.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe dalam beberapa kesempatan menyampaikan ke masyarakat agar senantiasa tetap menjaga kebersiha.

“Tetap jaga kebersihan lingkunganta, dan jangan buang sampah disembarang tempat, mariki’ sama-sama jaga Kota Ta’,” pesan Wali Kota Parepare dua periode ini.