Demi Menjaga Keseriusan Anak-anak Dengar Ceramah, Erna Rasyid Taufan Selingi Dengan Kuis
Komentar

Demi Menjaga Keseriusan Anak-anak Dengar Ceramah, Erna Rasyid Taufan Selingi Dengan Kuis

Komentar

Terkini.id, Parepare – Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan lagi-lagi menunjukkan hal unik dan kreatif saat membawakan ceramah uraian hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Masjid Al Amin, Wekke’e, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Sabtu 6 November 2021.

Selain interaktif dan humoris, gaya lain yang dipopulerkan Dai’ah, istri Wali Kota Parepare, Taufan Pawe ini yakni, dengan memberikan kuis kepada anak-anak dalam mendorong kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. 

“Ayo anak-anak, siapa yang tahu apa saja sifat Rasululullah?,” tanya Erna Rasyid Taufan. 

Meski awalnya tidak ada anak-anak yang berani mengacungkan tangan, namun dengan ide pemberian reward (hadiah) berupa telur lengkap dengan uang kertas dihias oleh panitia Maulid di atas pelepah pisang itu membuat anak-anak berebut ingin maju.  

Saat pertanyaan kedua diajukan membuat suasana makin hidup dan tidak monoton. “Satu lagi, siapa yang tahu 2 warisan yang ditinggalkan Nabi Muhammad SAW agar kita selamat dunia akhirat,” Erna kembali mengajukan pertanyaan. Seketika, satu orang anak berbaju kuning menghampiri Erna dan menjawab dengan benar.  

Baca Juga

“Betul sekali, yakni alquran dan hadits,” kata Erna yang diketahui juga merupakan Bunda PAUD Parepare ini di dalam perayaan maulid bertema “Meneladani Akhlak Rasulullah sebagai Bekal Pribadi yang Unggul” itu. 

Erna tak hanya memberikan reward kepada anak tersebut, ia juga mendoakan si anak agar kelak berguna bagi bangsa dan negara. 

Bukan hanya di kalangan anak-anak, tetapi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Parepare ini juga menguji hafalan quran ibu-ibu. 

Seorang ibu berani dan tampil percaya diri. Ia melantunkan surah Al Baqarah sesuai pinta Erna. 

“Kalau Ibu-ibu jangan telur saja, tapi ember,” sembari meminta 1 ember berisikan sokko, telur kepada panitia. “Kasi saja jatah saya,” kata Erna dengan guyonan khasnya. 

Tak disangka, usai memamerkan kemampuan hafalan qurannya, Ibu-ibu tersebut membisikkan Erna untuk swa foto berdua. Lagi-lagi membuat suasana perayaan maulid itu makin hidup. 

Pada perayaan maulid itu juga dihadiri Camat Bacukiki, Saharuddin, Kepala KUA Bacukiki dan sejumlah tokoh agama dan masyarakat.

Usai perayaan maulid, Erna Rasyid Taufan menyempatkan membesuk salah satu pengurus Golkar yang terpapar sakit di rumahnya yang tak jauh dari masjid, lokasi perayaan maulid nabi.