Erna Rasyid Taufan Ikuti Lomba Masak Berbasis Tingkat TP PKK Sulsel
Komentar

Erna Rasyid Taufan Ikuti Lomba Masak Berbasis Tingkat TP PKK Sulsel

Komentar

Terkini.id, Makassar – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, mengikuti Proses lomba masak menu sehat berbasis pangan lokal menggunakan kompor induksi antara ketua TP PKK se Sulawesi Selatan, yang digelar di Hotel The Rinra Makassar, Minggu 31 Oktober 2021.

Acara tersebut dibuka langsung Plt Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Ketua PKK PLN Induk Area Sulselrabar, serta para Ibu-ibu Forum koordinasi pimpinan daerah, serta para ketua TP PKK se Sulsel.

Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama PLN Induk area Sulselrabar, dalam melakukan demo masak menggunakan kompor induksi.

“Dimana kompor induksi ini sumber utamanya dari listrik, jadi bukan lagi menggunakan gas atau alat bakar lainnya, sehingga dalam penggunakan lebih efisien dan efektif karena hanya di colokkan lada listrik kemudian dinyalakan dengan durasi waktu tertentu, sementara suhu temperatur yang di hasilkan bisa disesuaikan, dan untuk jenis masakan itu sudah di buatkan mode tertentu,”katanya.

Naoemi, menjelaskan, untuk sistem pemasakannya sendiri sudah tidak menghasilkan polusi lagi, karena sistemnya bukan pembakaran tapi pemanasan panci yang digunakan.

Baca Juga

Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, mengatakan, kegiatan masak-masak ini sebagai bentuk menguji kreativitas setiap ibu-ibu PKK, apalagi kan semestinya memang setiap perempuan sedikit tidaknya bisa memasak untuk keluarganya.

“Selain dituntut untuk bisa memasak, perempuan juga diharapkan mampu menghasilkan makanan yang berkualitas, sehat dan aman untuk keluarga, sehingga nantinya apa yang dimasak dan dikonsumsi keluarganya bisa ditentukan sehat atau tidaknya oleh ibu-ibu, walaupun sudah ada asisten rumah tangga, setidaknya mereka berperan hanya mempersiapkan bahan makanan dan yang memasak itu kita sendiri,”katanya.

Erna, menjelaskan, dirinya juga memang selama ini hoby dalam memasak, namun memang terkadang waktunya yang kurang, tapi dengan kompor induksi ini, bisa menghemat waktu memasak.

“Memang kita terkendala dengan waktu ketika berfikir untuk memasak, tapi dengan kompor ini itu bisa memasak lebih cepat dari waktu biasanya, karena sistem pemanasannya itu lebih efektif,”ungkap dia.