Daerah Terbaik Investasi di Sulsel, Parepare Bentuk Tim Percepatan Pembentukan dan Operasional KIPAS
Komentar

Daerah Terbaik Investasi di Sulsel, Parepare Bentuk Tim Percepatan Pembentukan dan Operasional KIPAS

Komentar

Terkini.id, Parepare — Ditetapkan menjadi pemenang pertama atau daerah dengan proyek investasi terbaik Provinsi Sulawesi Selatan di ajang South Sulawesi Investment Challenge (SSIC) Forum Pinisi Sultan 2021, Pemerintah Kota Parepare bergerak cepat.

Langkah yang dilakukan Pemkot Parepare adalah membentuk tim untuk percepatan pembentukan dan operasional Kawasan Industri dan Pergudangan Parepare dan Sekitarnya (KIPAS). Prospek investasi KIPAS dinilai yang terbaik dari delapan daerah yang masuk Top 8 Investment Project Ready to Offer (IPRO) ajang SSIC 2021.

Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe mengemukakan, KIPAS hadir sejalan dengan komitmennya untuk menciptakan sarana dan prasarana perekonomian yang strategis dan menjadi sumber sumber ekonomi baru di Parepare. “Kami pun telah menetapkan tim akselerasi pengembangan Kawasan Industri dan Pergudangan Parepare dan Sekitarnya atau KIPAS ini,” ungkap Taufan Pawe (TP), Rabu, 15 September 2021.  

Tim percepatan operasional KIPAS ini terbagi atas tiga bidang yakni bidang hukum dan keagrariaan, bidang perencanaan dan pengembangan prasarana, bidang kelembagaan dan kerja sama antar lembaga.

Sekretaris Bappeda Parepare selaku Sekretaris Tim Percepatan Operasional KIPAS, Zulkarnaen Nasrun mewakili Ketua Tim Samsuddin Taha menjelaskan, tugas utama tim ini adalah memfasilitasi segala sesuatunya yang terkait dengan akselerasi pengembangan KIPAS. Kemudian merencanakan, pemanfaatan dan pengembangan serta pengelolaan KIPAS, terkait dengan aspek hukum dan keagrariaan, aspek perencanaan dan pengembangan prasarana, dan aspek kelembagaan dan kerja sama lembaga.

Baca Juga

“Tim terbentuk atas arahan langsung Bapak Wali Kota untuk percepatan operasional KIPAS. Jadi dibutuhkan memang percepatan apalagi Parepare telah dikukuhkan menjadi juara satu hasil presentasi IPRO di ajang SSIC yang diumumkan kemarin. Sehingga KIPAS ini memang layak untuk dikembangkan,” terang Zulkarnaen.

Tim selain diketuai oleh Kepala Bappeda dan sekretaris oleh Sekretaris Bappeda, juga memiliki beberapa Pokja, yang masing-masing Pokja dipimpin oleh Asisten Pemkot Parepare sesuai bidang terkait. Ditambah pelibatan beberapa SKPD yang Tupoksinya terkait dengan dukungan percepatan operasional KIPAS. (*)