Momentum HUT RI, Pemkot Parepare Kurangi Kegiatan Seremonial
Komentar

Momentum HUT RI, Pemkot Parepare Kurangi Kegiatan Seremonial

Komentar

Terkini.id, Parepare – Pemerintah Kota Parepare meniadakan kegiatan perlombaan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini. Kebijakan ini menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 0031/4297/SJ tentang Pedoman Teknis Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021, yang terbit 10 Agustus 2021.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe sudah menginstruksikan jajarannya untuk mempedomani Surat Edaran itu dalam pelaksanaan semua kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan di Parepare.

Hal ini dibenarkan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, Amarun Agung Hamka, Jumat 13 Agustus 2021.

“Bapak Wali Kota Parepare sudah menginstruksikan semua jajarannya untuk berpedoman pada Surat Edaran Mendagri itu. Jadi semua kegiatan ceremonial diadakan secara sederhana, tidak melibatkan banyak orang, mengedepankan protokol kesehatan, dengan tidak mengurangi makna peringatan HUT Kemerdekaan. Termasuk lomba-lomba itu ditiadakan,” ungkap Hamka, sapaannya.

Hamka yang juga Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare mengemukakan, kegiatan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan diarahkan lebih banyak menggunakan teknologi informatika atau melalui media virtual.

Baca Juga

Beberapa poin yang diatur dalam Surat Edaran Mendagri itu di antaranya, pertama, perayaan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021, agar dilaksanakan secara sederhana tanpa mengurangi kekhidmatan atas peringatan hari bersejarah bagi Negara Republik Indonesia. Kedua, kegiatan ceremonial dilaksanakan maksimal 30 orang dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ketiga, pelaksanaan kegiatan ceremonial mengutamakan penggunaan teknologi informatika atau melalui media virtual.

Keempat, tidak mengadakan perlombaan yang berpotensi terjadinya kerumunan yang dapat menimbulkan penularan COVID-19.

Dan kelima, pelaksanaan perlombaan dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi informatika atau melalui media virtual.