TP Temui Ilham Habibie, Pembukaan Museum BJ Habibie Ditargetkan Tahun Ini
Komentar

TP Temui Ilham Habibie, Pembukaan Museum BJ Habibie Ditargetkan Tahun Ini

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menemui Ilham Akbar Habibie. Anak pertama dari pasangan tokoh Indonesia, BJ Habibie dan Hasri Aiun Habibie.

Silaturahmi itu berlangsung dikediaman pribadi Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie yang berada di kawasan Patra, Kuningan XIII, Jakarta, Kamis, 27 Mei 2021.

Pertemuan ini tak lain membahas persiapan pembukaan Mesuem BJ Habibie yang bangunannya telah rampung. 

Museum BJ Habibie yang menjadi satu-satunya di Indonesia dan hadir di Kota Parepare itu ditergetkan beroperasi tahun ini.

“Alhamdulilah kita baru saja diterima Bapak Ilham Habibie. Kita membahas persiapan fungsi Museum BJ Habibie yang menjadi kebanggaan kita semua. Insyallah tahun ini kita fungsikan. Dan Bapak Ilham Hibibie insyallah hadir pada saat peresmian,” kata Taufan Pawe usai pertemuan.

Baca Juga

Wali Kota Parepare dua periode ini menjelaskan, saat ini tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare melakukan inventaris barang-barang milik BJ Habibie. Barang-barang berharga milik Bapak Teknologi Indonesia itu akan berpindah ke Museum BJ Habibie di Kota Parepare. 

“Tadi kita mendengar arahan Pak Ilham yang ingin menjadikan Museum BJ Habibie benar-benar menjadi wadah pendidikan. Harus menjadi tempat edukasi dan mengenang karya-karya presiden Indonesia kelahiran Parepare ini,” ungkapnya.

Meseum yang terbangun dari rumah pribadi BJ Habibie di Parepare itu akan berisikan barang-barang milik BJ Habibie semasa hidupnya. Baik sebelum menjabat hingga usai menjabat presiden ke 3 Indonesia. 

“Selain mengingat jasa-jasa dan karya-karya beliau. Kita juga menerapkan beberapa teknologi sehingga wisata pendidikan itu terasa. Seperti audio visual yang menjelaskan tentang kisah-kisah inspiratif beliau,” jelas Ketua DPD I Golkar Sulsel itu.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris mengatakan, saat ini pihaknya bakal menyusun perencanaan kapasitas museum. Tak hanya itu pihaknya juga menginventaris barang-barang berharga yang butuh keamanan khusus. Dirinya berharap, prosess inventarisasi berjalan lancar sehingga target pembukaan Museum BJ Habiebie tahun ini sesuai harapan.

“Arahan dari Pak Ilham dan pesan dari Pak Wali, museum ini tidak boleh monoton. Aktivitas edukasi harus ada. Seperti seminar dan kajian-kajian teknologi dan berkerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan. Intinya masyarakat tidak hanya mengenang jasa-jasa BJ Habibie. Tetapi mendapat edukasi yang bermanfaat bagi mereka,” kata Arifuddin yang turut hadir dalam pertemuan itu.

Selain Arifuddin, Taufan Pawe turut didampingi Asisten I Sitti Aminah Amin, Asisten II Suriani, Kepala BKD Jamaluddin Achmad, Dirut Andi Makkasau dr Reny, dan Sekretaris Bappeda Zulkarnaen.