Ratusan Personel TNI Ikuti Uji Samapta di Kota Parepare

Terkini.id, Parepare – Untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan jasmani Prajurit, Kodam XIV/Hasanuddin menyelenggarakan samapta periodik satu tahun 2021. Kamis, 20 Mei 2021.

Kegiatan ini digelar di Lapangan Andi makkasau dan diikuti dari 4 satuan kodim diantaranya, Kodim 1405/MLTS, Kodim 1402/ Pangkep, Kodim 1404/ Pinrang, dan Kodim 1409/Gowa.

Kegiatan ini di awali dengan pengecekan personil dan dilanjutkan pemeriksaan tahap awal untuk mengukur tensi serta denyut nadi para peserta kesegaran jasmani. Kesegaran jasmani periodik ini harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur, yaitu dimulai dengan pengisian data dan tes tekanan darah peserta, hingga pelaksanaan kegiatan.

Baca Juga: Pemkab-DPRD Marowali Utara Puji Terobosan Parepare Kembangkan TPA

Untuk ujian Samapta, personil diwajibkan lari selama 12 menit dan tes kesegaran, kemudian dilanjutkan dengan Pull Up, Sit Up, Push Up, lunges, dan serta Shuttle Run. Sementara pelaksanaan renang dasar militer jarak 50 meter dilaksanakan di koIam renang waterboom kota parepare.

Mayor infantri agung setyo wibowo selaku Pabandadik  kodam XIV hasunuddin mengatakan,” Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan personel TNI,  guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah tugas mereka masing masing”.

Baca Juga: Polres Parepare Gelar Uji Latihan Menembak Di Mako Brimob Batalyon...

“Dengan kegiatan test samapta periodik ini, dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani personel TNI, serta dapat menjadi kelengkapan adminitrasi dalam mengikuti pendidikan serta usulan kenaikan pangkat personil TNI”, Ungkap Pabandadik  kodam XIV hasunuddin.

Bagikan