Pemkot Parepare Siapkan 15 Titik Fasyankes Penyaluran Vaksin Covid-19
Komentar

Pemkot Parepare Siapkan 15 Titik Fasyankes Penyaluran Vaksin Covid-19

Komentar

Terkini.id, Parepare – Pemerintah Kota Parepare menyatakan kesiapan dalam mendukung program pemerintah pusat dalam menekan penyebaran Covid-19. 

15 titik fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) disiapkan dalam melakukan vaksinasi yang kini masih berada di tangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Kurang lebih sebanyak 30 ribu vaksin Covid-19 jenis Sinovac tahap pertama sudah tiba di Makassar beberapa pekan lalu. Sementara, untuk Kota Parepare mendapat alokasi sebanyak 2.079 vaksin, yang rencananya tiba pada satu dua hari mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat, Lingkungan dan P2P Dinas Kesehatan Kota Parepare, Muh Idris mengatakan, ada 15 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Kota Parepare sebagai titik vaksinasi.

“Ada 15 fasyankes di Parepare yang terdaftar di BPJS Kesehatan, dan itu akan menjadi titik vaksinasi nantinya,” katanya saat dihubungi, Senin, 11 Januari 2021.

Baca Juga

Idris mengungkapkan, 15 Fasyankes tersebut sudah menyediakan tempat untuk penyimpanan vaksin sesuai dengan standar yang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

“Tempatnya sudah disiapkan, dengan standar suhu 2-8 derajat celcius. InsyaAllah sudah siap semua, karena vaccine refrigerator sudah ada,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasman Makkasau menyebutkan, 15 fasyankes dimaksud, yakni 8 Puskesmas,  RSUD Andi Makkasau, RS Regional dr Hasri Ainun Habibie, RSAD dr Sumantri, RS Fatima, KKP Parepare, Klinik Utama ST Khadijah, dan Apotik Nurmedika.

“Saat ini telah dilakukan simulasi pelayanan vaksinasi Covid di delapan PKM dan di RS regional Hasri Ainun Habibie untuk melihat kesiapan pelayan vaksinasi COVID-19 guna memutus penyebaran virus Corona,” urai Kasman.